Sebagian Besar Kegiatan Bermain Anak Adalah Sebagai Latihan Untuk Menguasai Ketrampilan Tertentu Yang Baru Baginya Melalui Pengulangan-Pengulangan

Sabtu, 13 Februari 2010

Musik Berpengaruh Pada Kecerdasan Anak


Bagaimana bisa menimbulkan kecintaan anak pada musik? Apakah ortu yang tidak punya kepekaan terhadap musik bisa mempunyai anak yang suka musik?

Menurut penelitian, seorang anak yang terbiasa sejak kecilmendengarkan musik akan lebih berkembang kecerdasan emosional, intelegensinya ketimbang anak yang jarang mendengarkan musik. Maksud musik disini,musik klasik karena musik klasik mengandung komposisi nada yang berfluktuasi antara nada tinggi dan nada rendah yang akan merangsang kerja otak.
Hal ini tentunya, menjadi dambaan setiap ortu. Namun,bagaimana jika si ortu sendiri yang tidak punya kepekaan terhadap musik? bagaimana caranya agar si anak suka musik?

Menyanyilah Untuk Anak
Walaupun suara kita tidak merdu atau tidak seperti harapan kita, namun itu bukan satu alasan untuk tidak bisa mengajak anak menyukai musik. hal ini dapat dimulai sejak anak masih dalam kandungan, terlepas dari merdu atau tidak yang paling penting berusahalah bernyanyi dengan hati untuk anak kita.
Saat anak mulai bisa menirukan kata, mulai ajak si anak bernyanyi bersama dengan lagu yang berirama lambat.jangan lua untuk berikan pujian jika si anak mau ikut mencoba bernyanyi.

Kapan Mulai Belajar Musik?
Sejak dalam kandungan, musik sudah mulai bisa dikenalkan pada anak. Dengan memperdengarkan musik klasik atau lantunan doa yang indah. Begitu pula setelah anak lahir, iringi aktivitas anak dengan musik. mulai dari mandi, bermain, sampai tidur. kepekaan terhadap musik bisa didapat dengan proses pembiasaan bukan dari les atau kursus.hal lain yang bisa dilakukan ortu, dengan mengajak anak memainkan alat musik. benda apa saja yang ada di dekat kita dapat kita jadikan stimulus untuk bermain musik, misalnya menepuk tangan, menggoyang-goyang mainannya dengan tempo tertentu, dll. agar sedini mungkin anak tahu dan dapat merasakan musik adalah hal yang menyenangkan.

Penanaman Nilai
Musik dan lagu bisa membuat kegiatan lebih menyenangkan. Kegiatan membereskan mainan bisa lebih asik ketika diiringi lagu, misalnya "bersih..bersih..segera...ayo bersih..bersih..ayo bersih bersih...segera" (dengan nada lagu are you sleeping.
Selain itu, musik bisa jadi sahabat bagi orang tua karena mengandung nilai-nilai positif yang bisa ditanamkan ortu. Misalnya, bangun tidur ku terus mandi, oh ibu dan ayah, dll.
Pilihkan lagu yang tepat untuk anak, baik lagu barat ataupun indonesia. Jangan lupa untuk tetap mendampingi anak agar tetap bisa mengontrol lagu-lagu dewasa yang didengarnya.

Powered By Blogger
Template by layout4all